7 Game Komputer Untuk Melepaskan Genius Kreatif Anak Anda

Meskipun kita mungkin menikmati bermain sendiri, banyak orang tua khawatir tentang dampak permainan komputer pada perkembangan anak mereka. Kami takut bahwa membiarkan anak-anak kami bermain game komputer selama lebih dari satu jam atau lebih per hari akan mengubahnya menjadi kentang sofa anti-sosial dan obesitas. 

Akan lebih baik anak-anak kita membaca atau membaca cerita anak kepada mereka, kita pikir. Namun, permainan komputer ada di sini untuk tinggal, jadi daripada melawan mereka, mengapa tidak menggunakannya? Artikel ini menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat membiarkan anak Anda bermain game komputer namun masih menumbuhkan perkembangan kreativitas mereka.

7 Game Komputer Untuk Melepaskan Genius Kreatif Anak Anda

Masalah yang banyak orang tua miliki dengan permainan komputer adalah bahwa, dibandingkan dengan membaca cerita anak, mereka tidak memerlukan penggunaan banyak imajinasi. Berikut adalah tujuh cara di mana Anda dapat melengkapi permainan komputer untuk menumbuhkan perkembangan kreativitas anak Anda:

1. Kembangkan profil karakter

Beberapa permainan komputer memiliki karakter. Dengan permainan Harry Potter karakter-karakter ini sudah terkenal dan berkembang dengan baik. Namun, dengan permainan lain, karakternya mungkin lebih "dangkal". 

Ini adalah kesempatan sempurna bagi anak Anda untuk mengembangkan karakter lebih lanjut. Mereka dapat menciptakan profil untuk karakter, membayangkan siapa keluarga mereka, dari mana mereka berasal, di mana mereka pergi / pergi ke sekolah, hobi apa yang ingin mereka lakukan, bagaimana perasaan mereka, dll. 

Anak Anda kemudian dapat membuat sketsa atau gambar karakter dan adegan dari kehidupan mereka: masa lalu, sekarang, dan masa depan. Akhirnya, anak Anda dapat membuat profil orang lain dalam kehidupan karakter: teman, keluarga, hewan peliharaan, kolega, droid, dll.

2. Buat Storyboard

Jika Anda memikirkannya, banyak game komputer tidak lebih dari cerita interaktif. Jadi, anak Anda dapat membuat cerita mereka sendiri menggunakan karakter dari game komputer favorit mereka. Anggap ini sebagai perpanjangan dari permainan komputer. 

Anda bahkan bisa berpura-pura bahwa Anda bekerja untuk perusahaan permainan komputer dan membuat versi baru dari permainan komputer.

Ada beberapa cara untuk mendekati ini tergantung pada preferensi Anda dan anak Anda. Anda dapat menulis skrip, membuat ilustrasi seperti kartun, membuat adegan ilustrasi (yaitu gambar) saja, atau membuat gambar dengan teks yang menyertainya.

3. Tulis Buku Harian

Mungkin menarik bagi anak Anda untuk masuk ke dalam kepala beberapa karakter. Kebetulan, ini juga merupakan cara yang baik untuk mengembangkan empati anak. Apakah anak Anda menulis buku harian seolah-olah mereka adalah salah satu karakter.

4. Kembangkan Dunia Maya

Salah satu anakku telah mengembangkan dunia mayanya sendiri. Dia membuat peta terperinci, deskripsi semua makhluk, tanaman (lebih dari 100 di semua, sepenuhnya diilustrasikan) dan tanah di dalamnya, dan sejarah lengkap dunia imajiner ini. 

Anak Anda dapat membuat dunia maya yang merupakan ekstensi dari game komputer yang ada atau sesuatu yang benar-benar baru.

5. Apa itu Memasak?

Jika anak Anda suka memasak, mengapa tidak mengembangkan beberapa resep khusus dari apa yang dimakan orang di dunia maya game komputer? Apa makanan favorit mereka? Apa itu hidangan nasional? "Resep" ini bisa dari makanan nyata yang dapat dimakan atau bahan lain yang tidak dapat dimakan (pastikan anak Anda tidak makan yang terakhir!).

6. Dapatkan Tangan

Beberapa anak adalah pembelajar kinetik, mereka belajar dengan melakukan. Jika anak Anda adalah salah satu dari ini, mereka dapat membuat model 3D dari tanah liat atau mâché papier karakter dari permainan komputer. 

Anda bahkan dapat membuat model berukuran hidup di taman / halaman belakang Anda. Misalnya, Anda dapat mengukir karakter dari tunggul atau log pohon tua.

7. Buat Game Komputer Anda Sendiri

Di area permainan komputer, apa yang bisa lebih kreatif daripada membuat game Anda sendiri? Ketika mereka membuat game, perusahaan game komputer melalui proses yang mirip dengan beberapa langkah yang dijelaskan di sini sehingga Anda mungkin dapat menggunakan hasil pekerjaan menyenangkan Anda untuk membuat permainan komputer yang sebenarnya.

Ada ratusan atau ribuan alat perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk membuat game Anda sendiri. Namun, kecuali Anda seorang "teknisi", mungkin paling mudah untuk menggunakan yang tidak memerlukan pemrograman atau keterampilan komputer tingkat lanjut.

Alat perangkat lunak seperti "The 3D Gamemaker",* misalnya, memungkinkan Anda untuk membuat game hanya dengan menunjuk dan mengklik. Gamemaker 3D memiliki perpustakaan adegan, suara, dan objek 3D yang dapat Anda gabungkan ke dalam game Anda sendiri. 

Jelas, ini sedikit kurang kreatif kemudian membuat game dari awal, tetapi Anda juga dapat memindai dalam gambar Anda sendiri, merekam efek suara pribadi Anda sendiri dan mengimpor model 3D Anda sendiri untuk membuat game Anda lebih orisinal.

Multi-Choice Creation System (MuCeS) memungkinkan Anda membuat petualangan Multichoice di mana pemain game memilih satu opsi dari sejumlah opsi yang diberikan tergantung pada apa yang menurutnya akan terbaik untuk situasi tertentu.

Di atas hanya dua contoh kemungkinan. Intinya adalah Bahwa Anda tidak perlu menjadi "ilmuwan roket" untuk membuat game komputer Anda sendiri. Bayangkan betapa senangnya anak-anak Anda untuk membuat permainan mereka sendiri. Bermain game komputer tidak akan pernah sama lagi!

Kesimpulan

Beberapa orang tua menganggap game komputer sebagai pengaruh "tidak sehat" pada anak-anak mereka, tetapi ketika Anda menggabungkan game komputer dengan beberapa kegiatan pembuatan cerita anak "offline" yang dijelaskan di sini, Anda tidak hanya akan melepaskan jenius kreatif anak Anda, Anda akan bersenang-senang melakukannya.