Fungsi Run Dalam Komputer Yang Wajib Anda Ketahui

Assalamualaikum bray, selamat datang di blog Maser Tutor, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Fungsi Run Dalam Komputer Yang Wajib Anda Ketahui, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk rekan-rekan. Semoga isi informasi di dalam postingan teknologi, windows, yang kami bahas ini dapat anda pahami. Baik, langsung saja ke artikelnya.

Fungsi Run Dalam Komputer Yang Wajib Anda Ketahui

Run merupakan tools pada windows yang memiliki tujuan untuk memanggil program atau aplikasi tertentu melalui perintah (comment). 

Kotak dialog tersebut bisa digunakan untuk mengaktifkan fitur-fitur apapun bahkan yang mungkin belum anda ketahui. Jadi dengan memanfaatkannya, anda pun bisa mempercepat beberapa perintah tersembunyi pada Windows tanpa harus membuka Windows Explorer. Tertarik mencobanya? Ikuti langsung tutorialnya berikut ini.

Cara Membuka Run Pada Komputer

Pertama, klik start (pada komputer anda di bagian pojok kiri bawah) - ketikan RUN pada kotak search - kalo sudah ketemu, tinggal klik progam tersebut - tampilanya seperti gambar diatas.

Kedua, jika ingin menggunakan alternatif lain maka kombinasikan saja dengan menekan logo windows (pada keyboard)+huruf R.

Berikut 24 Perintah Run Dalam Komputer Yang Wajib Anda Ketahui 

1. msinfo32

Perintah ini bertujuan untuk membuka WSI atau Windows System Information. Nantinya disana akan terlihat spesifikasi komputer atau laptop secara detail baik berupa software maupun hardware. 

2. netplwiz

Perintah yang bertujuan untuk membuka Windows User Accounts secara langsung bila anda punya beberapa profil pengguna. 

3. osk

Perintah untuk menampilkan On Screen Keyboard (osk) tanpa perlu melalui desktop. 
Fungsi Run Dalam Komputer Yang Wajib Anda Ketahui!

4. shutdown atau logoff

Jelas, bahwa perintah ini bertujuan untuk mematikan komputer anda melalui jendela Run secara otomatis. Meski demikian, proses shutdown masih bila dibatalkan dengan cara menggetik shutdown – a (ingat! mengetiknya harus cepat sebelum proses shutdown terjadi).

5. utilman

Merupakan perintah untuk menampilkan Utility Manager seperti mengaktifkan Narrator, Magnifier, Set Up High Contrast hingga Start On Screen Keyboard. 

6. gpedit.ms

Perintah yang bertujuan untuk mematikan fungsi autoplay di komputer atau laptop. Biasanya digunakan oleh orang-orang untuk mencegah serangan virus ketika sistem autoplay aktif. 

Caranya setelah terbuka – klik menu administrative template – pilih windows component – lalu  autoplay policies dan lihat di sebalah kanan -  double klik turn off autoplay dan pilih menu enableturn off autoplay – pilih all drives – terakhir tekan OK

7. charmap 

Perintah ini ditujukan untuk menampilkan beberapa karakter dan simbol huruf pada windows, terutama yang biasa digunakan di MS. Office

8. cmd

Perintah yang ditujukan untuk menampilkan ping, melihat IP address komputer anda dan sebagainya. Caranya, tinggal ketik ip config pada fitur CMD - tekan ENTER . 

9. wuapp

Perintah untuk menampilkan Windows Update Manager. Jadi anda dapat mengatur atau menghentikan proses update saat berjalan otomatis. 

10. dxdiag

Merupakan perintah untuk menampilkan spek komputer anda khusunya berkaitan dengan VGA, RAM, Processor dan sejenisnya. 

11. regedit

Perintah ini bertujuan untuk membuka System Registry Windows dan anda pun bisa mengotak-atiknya sesuka hati.

12. msconfig

Perintah Run yang ke dua belas memiliki tujuan untuk masuk ke System Configuration komputer. Disana, anda bisa mengatur maupun mengubah beberapa aplikasi semisal Services, Boot, System Startup serta Startup Selection.

13.  notepad atau write

Tidak perlu dijelaskan lagi karena perintah ini jelas akan menampilkan notepad dalam waktu yang singkat untuk keperluan mencatat tugas atau hal penting lainya. 

14. mstsc

Adalah perintah yang digunakan untuk memanfaatkan Windows Remote Dekstop. Biasanya orang-orang menerapkanya saat ingin menghubungkan remote desktop dengan komputer milik teman atau klien. 

15. fonts

Perintah untuk membuka folder font di progam files (umumnya berada di local disk C).

16. buka peramban

ternyata anda juga bisa membuka browser dengan cepat melalui kotak dialog Run. Caranya, untuk Internet Ekplorer – ketikkan iexplore, untuk Mozilla Firefox – ketikkan firefox, untuk Opera – ketikkan opera dan untuk Google Chrome – ketikkan chrome. 

17 winver 

Perintah yang digunakan untuk menampilkan versi yang ada di sistem operasi Windows komputer anda. 

18. compmgmt.msc

Merupakan perintah umum agar mempercepat akses ke Computer Management. Biasanya kalo pengguna awam masih melakukanya secara manual yaitu lewat klik kanan pada My Computer – pilih Manage. benar kan? 

19.fsmgmt.msc

Perintah yang bertujuan untuk membuka secara langsung Windows Shared Folders. 

20. control

Yaitu perintah jalan pintas agar lebih cepat menuju ke System Control Panel komputer anda. 

21. %userprofile%

Perintah untuk menuju ke Folder User Profil sehingga mempermudah akses ke My Document, Download, My Videos, My Pictures dan My Music. 

22. cleanmgr

Perintah yang digunakan untuk membuka langsung Windows Disk Cleanup Manager. Jadi, waktu anda lebih efektif bila ingin menghapus file-file sampah atau temporary di Recycle Bin.

23. Firewall.cpl

Perintah ini biasa digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan Firewall Windows di komputer anda. 

24. %progamfiles%

Tentunya tidak asing kan? Perintah ini akan mempercepat akses anda menuju Folder Progam Files. 

NB: Semua perintah di ketikan pada kotak dialog Run dengan huruf KECIL

Sebenarnya Fungsi Run Dalam Komputer masih banyak sekali dan tentu anda masih bisa mengeksplorenya lebih luas supaya terbiasa dengan fitur bawaaan tersebut. Bila dirasa bermanfaat, jangan lupa like dan share agar orang lain juga ikut mengetahuinya, terima kasih.



Baca Juga:

Fungsi Run Dalam Komputer Yang Wajib Anda Ketahui

Demikianlah artikel mengenai Fungsi Run Dalam Komputer Yang Wajib Anda Ketahui.

Sekian dan cukup sampai disini dulu artikel tentang Fungsi Run Dalam Komputer Yang Wajib Anda Ketahui kali ini. Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat dan berguna bagi kalian. Sampai berjumpa di postingan artikel lainnya.
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
teknologi,windows