Apa Itu UNICEF? Temukan Makna Penting Dibalik Organisasi Ini

Assalamualaikum bray, selamat datang di blog Maser Tutor, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai Apa Itu UNICEF? Temukan Makna Penting Dibalik Organisasi Ini, saya telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk rekan-rekan. Semoga isi informasi di dalam postingan Info terkini, organisasi, yang kami bahas ini dapat anda pahami. Baik, langsung saja ke artikelnya.

Apa Itu UNICEF? Temukan Makna Penting Dibalik Organisasi Ini

Mungkin ada yang belum tahu Apa Itu UNICEF atau pernah mendengar tapi tidak tahu asal-usul organisasi tersebut? UNICEF merupakan kepanjangan dari United Nations Children's Fund dimana termasuk salah satu organisasi yang berada dibawah naungan PBB yang didirikan pada tanggal 11 Desember 1946. 

Bermarkas di New York, Amerika Serikat memberikan bantuan kemanusiaan dan perkembangan jangka panjang bagi anak-anak serta para ibu di negara berkembang bahkan sampai menanggulangi kemiskinan, kekerasan, wabah penyakit, dan diskriminasi.. 

Untuk dananya sendiri, berasal dari sukarela pemerintah-pemerintah serta pribadi (orang kaya) dari seluruh dunia. Kalau ditotal  ada sekitar 7000 orang yang berasal dari 158 negara ikut membantu sekaligus menjaga konsistensi UNICEF
Apa Itu UNICEF
Dengan program-program yang menekankan pengembangan pelayanan masyarakat demi mempromosikan kesehatan dan kesejahteraan anak, nampak memperoleh antusias besar sampai akhirnya mendapatkan penghargaan perdamaian Nobel di tahun 1965
Singkatan
Tanggal Pembentukan
Jenis
Badan Hukum
Kantor Pusat
Head
Organisasi Induk
Situs Web
UNICEF
11 Desember 1946
Dana
Aktif
New York, USA
Anthone Lake
ECOSOC
www.unicef.org
Pada mulanya para pemimpin organisasi ini berpikir agar tingkat kesehatan, pendidikan dan gizi anak terpenuhi, UNICEF berusaha melakukan perannya untuk membantu mencukup kebutuhan utama mereka. 

Hingga pada tahun 1970 telah menjadi organisasi vokal yang punya peranan penting dalam penyusunan Konvensi hak-hak anak dengan komisi HAM PBB di tahun 1989 setelah diperkenalkan dihadapan Majelis Umum PBB. 

Struktur Organisasi UNICEF

Ketua: Sebelumnya diketuai oleh Stephen James Woodhouse lalu digantikan oleh Anthony Lake.

Badan usaha: Memiliki 11 struktur utama organisasi yang terdiri dari, 

1. Badan Eksekutif

Badan eksekutif ada 41 anggota yang terpilih berdasarkan rotasi masa jabatan 3 tahun dengan kewenangan meninjau pekerjaan prospek kerja dan organisasi, memberikan persetujuan pada rencana jangka panjang dan menengah, menentukan kebijakan-kebijakan, mencatat laporan dari auditor eksternal PBB, memberikan unsur-unsur dan membuat komitmen kerja sama serta pembiayaan, serta mengatur dan melaksanakan pencarian dana untuk tujuan administratif dari program-program organisasi.

2. Direktur Eksekutif

Badan ini terdiri dari badan-badan utama meliputi kantor direktur eksekutif yaitu, 
a. staf eksekutif, komite manajemen, kantor sekretaris badan eksekutif dan kantor pembukuan internal.
b. kelompok program meliputi divisi perencanaan dan pengembangan, divisi pelayanan pelaporan dan unit operasi darurat 
c. kelompok hubungan eksekutif terdiri dari kantor dana program, divisi komunikasi-informasi, kantor penjualan kartu ucapan serta kantor umum non pemerintah.
d. Di kelompok operasi meliputi divisii personal, divisi suplai, divisi pengawasan, manajemen serta pembiayaan

3. Kantor Direktur Eksekutif

Adalah kantor utama sebagai penanggung jawab atas seluruh kegiatan program-program UNICEF. Jadi akan terus mengkoordinir, meninjau kebijakan serta menilai kemajuan yang telah dicapai organisasi tersebut.

4. Kantor Sekretaris Badan Eksekutif

Adapun tugasnya yaitu berpartisipasi dalam pembuatan kebijakan dan rekomendasi dari direktur ke badan eksekutif, mempersiapkan berbagai kegiatan pelayanan, editorial, teknik laporan, pembuatan dokumen hingga mengorganisir rapat-rapat dan segala hal yang diperlukan badan eksekutif, berkonsultasi dengan para pejabat yang mewakili pemerintahan untuk UNICEF, terakhir mengusahakan rekaman permanen atas perundingan-perundingan oleh Badan Eksekutif.

5. Kantor Pemeriksa Keuangan Internal

Jelas, fungsi utamanya adalah  memeriksa dan menyalurkan penggunaan keuangan organisasi. Di samping itu juga untuk meningkatkan kegiatan operasional baik pembukuan keuangan, program dan tugas-tugas lainnya.

6. Kelompok Hubungan Eksternal

Punya tugas penting dalam mengembangkan dan menerapkan kebijakan hubungan terhadap pemerintah, badan-badan PBB, NGOs maupun masyarakat secara umum. Kewenangan utama dari kelompok ini yaitu:

Pertama, mengkoordinir seluruh kegiatan sekretaris yang berhubungan dengan permohonan bantuan keuangan sampai jaminan pembayaran untuk program UNICEF.

Kedua, menjalankan hubungan erat dengan misi pemerintahan, para p
engamat dan komisi-komisi di lapangan.

7. Kantor Regional 

Tugas tetap kantor regional adalah menjadi perantara sarana komunikasi antar kantor lapangan dan kantor pusat, kemudian bertanggung jawab untuk memilih serta menyebarluaskan informasi ke seluruh wilayah atas progam-progam UNICEF serta mengatur layanan bantuan yang diminta oleh setiap perwakilan negara.

8. Kelompok Program 

Kelompok program memiliki divisi dalam rangka pengembangan dan perencanaan demi tujuan 
a. meningkatkan partisipasi UNICEF dalam berbagai program agar bantuan secara teknis dapat menyebar luas di penujur dunia
b. meningkatkan kegiatan program penyuluhan untuk kepentingan anak-anak sekaligus melakukan evaluasi 
c. memberikan saran kepada pemerintah masyarakat hingga ke kelompok profesional

9. Kelompok Operasional 

Melakukan kegiatan yang berhubungan dengan SDM antara lain membuat strategi perencanaan sumber daya UNICEF, memberikan dukungan staf organisasi, mendukung kegiatan di lapangan pusat dalam hal keuangan, menyuguhkan informasi dan nasehat bagi masyarakat yang membutuhkan serta mengadakan pelatihan bagi anggotanya.

10. Staf Organisasi UNICEF

Staf anggota UNICEF biasanya berada di tiap-tiap negara anggota yang memiliki lebih dari 7000 perwakilan untuk memperjuangkan hak-hak anak di seluruh dunia.

11. Badan Pendukung Lainnya

Berupa kelompok sukarela ataupun komite nasional di mana punya peranan dalam membangkitkan masyarakat terhadap kebutuhan anak-anak di negara berkembang. 

Kesimpulan 

Bahwa selain menjadi organisasi internasional, Tujuan UNICEF sangatlah mulia demi menciptakan lingkungan nyaman bagi kesejahteraan maupun kesehatan anak-anak serta ibu-ibu. 

Tentu butuh dukungan besar dari segenap elemen masyarakat di tiap-tiap negara baik pemerintahan, pihak swasta hingga organisasi-organisasi internasional lainnya.

Pembentukan jalinan mitra terhadap masyarakat pastinya menjadi tantangan tersendiri bagi organisasi ini. Oleh karena itu bekerja sama adalah cara terbaik agar memperoleh harapan besar menciptakan lingkungan yang adil, mengembangkan nilai-nilai moral, agama dan hukum bagi generasi muda di masa depan

Sumber: unicef.org, wikipedia.com




Baca Juga:

Apa Itu UNICEF? Temukan Makna Penting Dibalik Organisasi Ini

Demikianlah artikel mengenai Apa Itu UNICEF? Temukan Makna Penting Dibalik Organisasi Ini.

Sekian dan cukup sampai disini dulu artikel tentang Apa Itu UNICEF? Temukan Makna Penting Dibalik Organisasi Ini kali ini. Semoga apa yang saya bagikan ini bermanfaat dan berguna bagi kalian. Sampai berjumpa di postingan artikel lainnya.
Artikel Selanjutnya Artikel Sebelumnya
Post Terkait :
Info terkini,organisasi